Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Akpelni Berikan Pelatihan dan Permodalan

 
Bendan Dhuwur- kopertis6.or.id - AKPELNI telah melaksanakan kegiatan pelatihan ketrampilan dan kewirausahaan yang dikhususkan kepada generasi muda usia produktif, meliputi pemaparan tentang teknologi pengelasan, pelatihan teknik pengelasan, pemotongan plat, penyuluhan tentang keselamatan kerja, serta memotivasi pemuda khususnya bagi yg belum memiliki pekerjaan tetap dapat membuka usaha pengelasan, kepada warga di RW 03, Kwasen Lama, Desa Pongangan, Kecamatan Gunung Pati baru-baru ini.

Kegiatan pengabdian yang diketuai oleh ibu Santhi Wilastari, ST. MT dari AKPELNI tersebut, menjalin kerjasama dengan berbagai fihak seperti CV. Lulus Jaya Powerindo sebagai tempat pelaksanaan pelatihan dan Akademi Teknik Perkapalan (ATP) Veteran Semarang yang menjadi instruktur praktek pengelasan. 

Berdasarkan rilis yang dikirim Humas Akpelni Eko Nur Hidayat, untuk tema pelatihan adalah pengelasan. Alasan pengambilan tema tersebut dikarenakan AKPELNI sebagai lembaga pendidikan Maritim/Pelayaran salah satu pekerjaan di kapal yaitu reparasi berupa pengelasan, proses pengelasan dan hasil pengelasan melalui tahapan yang ketat dan prosedural. Alasan lain, memberikan kesempatan membuka usaha pengelasan yang dipandang memiliki prospetif yang baik.

Untuk meringankan biaya dan mendorong pemuda mau belajar dan berwiraswasta di bidang pengelasan, pada kesempatan ini pula diserahkan seperangkat modal usaha untuk membuka usaha las berupa 3 unit mesin las inverter, alat potong/Gerinda, Bor, Elektrode dan perlengkapan safety.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Ka. Program Studi Teknika AKPELNI  Ali Khamdilah, MA kepada sesepuh/perwakilan ketua RW 03, Azari. Harapan kedepan, kegiatan tersebut dapat berlangsung terus menerus, sehingga keterampilan pengelasan dapat ditingkatkan untuk bahan selain besi baja, seperti stainless steel, aluminium atau penggunaan proses pengelasan lain yakni Tungsten Inert Gas.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan