Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

UNSIQ RAIH NILAI “B “ AKREDITASI INSTITUSI (AIPT)

Wonosobo-kopertis6.or.id – Sivitas akademika Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Wonosobo berhasil meraih nilai B akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sebagaimana dilansir situs resmi BAN-PT di laman ban-pt.kemdiknas.go.id, raihan nilai B itu berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT 3241/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017 tertanggal 12 September 2017 dan berlaku sampai dengan 12 September 2022.  Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kopertis 6 ke 50  yang terakreditasi B dari sejumlah 103 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan termasuk 136  Perguruan Tinggi (PT) dari 4.504 PT di Indonesia. Persiapan akreditasi Institusi sudah dilakukan 1 tahun sebelumnya dengan membentuk Team AIPT. Visitasi dilakukan tanggal 22 sd 24 Agustus 2017, dan hasil keluar tanggal 12 September 2017.

Dr. K. H. Muchotob Hamzah, MM, Rektor UNSIQ mengaku gembira dengan perolehan akreditasi institusi perguruan tinggi yang dipimpinnya. ‘’Perolehan nilai B akreditasi institusi ini merupakan apresiasi bagi kami yang telah bekerja keras mengimplementasikan penjaminan mutu di semua lini. Ini juga berkat kerja keras pengurus yayasan, pimpinan universitas, tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan seluruh sivitas akademika,’’ katanya.  Hasil kerja keras ini, lanjut rektor, selayaknya disyukuri dan menjadi motivasi untuk memacu serta meningkatkan kualitas dan prestasi.

‘’Selanjutnya UNSIQ terus berbenah melakukan penguatan terutama di bidang status akreditasi Program Studi, Penelitan dan Pengabdian Masyarakat, Publikasi baik Nasional maupun Internasional serta prestasi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non akademik. Disamping itu juga terus melakukan peningkatan layanan dan Penjaminan Mutu,’’ ujarnya.

Wakil Rektor I UNSIQ, Dr. H. Zaenal Sukawi, M.A. mengemukakan, UNSIQ berusaha terus memantapkan diri menjadi salah satu perguruan tinggi bergengsi di Jawa Tengah. ‘’Beberapa penghargaan Olah raga dan Seni juga sudah mencapai juara tingkat Nasional.’’ tuturnya.

Z. Sukawi menambahkan, UNSIQ bahkan sudah melangkah lebih jauh lagi, agar bisa bersaing dengan berbagai perguruan tinggi lain di level internasional, khususnya di ASEAN. Di level internasional, UNSIQ  sudah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi dan institusi lain di Malaysia, Maroko dan Thailand.

‘’Dalam kaitannya dengan publikasi saat ini UNSIQ tengah melakukan pendampingan jurnal agar bisa memperoleh status terakreditasi guna mewadahi minat dan keilmuan dosen. Dengan publikasi yang berkualitas dan kontinyu diharapkan makin meningkatkan iklim penelitian di UNSIQ Wonosobo agar menuju ke status yang lebih tinggi” tambahnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan