Friday, December 15, 2017
   
TEXT_SIZE

UM Magelang MoU Dengan PT di Eropa

Magelang-kopertis6.or.id – Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) unggulan,, UM Magelang telah melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Eropa. Hal tersebut dilakukan Rektor UM Magelan, Ir. Eko Muh Widodo, MT bersama 28 PTN dalam kegiatan lawatan ke Eropa bersama Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.

Lawatan dilakukan ke empat negara, yaitu Inggris, Perancis, Belgia, dan Belanda, dari 10 s.d 19 September 2017, dengan mengunjungi kota London, Paris, Brussel, Amsterdam, dan Den Haag.

Eko mengatakan, UM Magelang memanfaatkan kesempatan ini untuk menjalin kerjasama dengan beberapa PT di Eropa, diantaranya Coventry University, de Monfort University, University of Harper Adams, serta Bradford University ketika mengunjungi Inggris.

“MoU antara lain berisikan kesepakatan peningkatan kerjasama studi lanjut S3 dosen, penelitian, maupun publikasi jurnal internasional.” paparnya

Saat di Inggris, kesempatan itu juga digunakan UM Magelang untuk mengetahui keberadaan perguruan tinggi ternama di dunia, seperti Oxford University. Demikian pula saat berada di Paris, kunjungan dilakukan ke Paris Sorbone University, serta beberapa tempat monumental di kota tersebut.

Eko menjelaskan, bagi UM Magelang, menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri bukanlah hal baru. Sebelumnya UM Magelang telah menjalinn kerjasama dengan PT di beberapa negara Asean. Selain itu, beberapa fakultas seperti fakultas Teknik juga telah menjalin kerjasama dengan PT di Jepang dan Itali. Demikian juga dengan Fikes yang telah menjalin kerjasama dengan dengan beberapa perguruan tinggi di Thailand dan Filipina.

“Dengan MoU bersama beberapa perguruan tinggi di Eropa, UM Magelang memperluas coverage kerjasama menjadi lebih luas dan mendunia.” tandasnya

Ia menegaskan, MoU yang dilakukan tidak sebatas perjanjian tertulis, namun kita implementasikan dalam bentuk kegiatan, seperti penelitian, jurnal, serta memberikan kesempatan kepada dosen untuk studi lanjut S3 ke luar negeri.

 

COMMUNITY