Tuesday, March 19, 2024
   
TEXT_SIZE

UPGRIS Buka Progdi PPG

Semarang-lldikti6.ristekdikti.go.id – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengeluarkan secara resmi izin kepada Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) terkait Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG). Surat Keputusan (SK) Kemenristekdikti Nomor 1039/KPT/I/2018 memberikan izin pembukaan progdi pendidikan guru dalam bidang studi  Bimbingan Konseling  (BK), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Matematika, Biologi, Fisika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Penyerahan SK  oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jateng Prof.DYP. Sugiharto kepada rektor UPGRIS Dr. Muhdi SH, M.Hum di ruang seminar kampus setempat.

Rektor menyampaikan, perolehan izin ini merupakan langkah maju khususnya dalam hal mencetak para calon lulusan di masa depan. Sebelum ini, selama empat tahun  universitas di bawah naungan organisasi PGRI  Jateng tersebut sudah melaksanakan tiga tahap penugasan khususnya penyelenggaraan PPG dari pemerintah.

“Penugasan tersebut ialah PPG dalam jabatan, PPG Prajabatan bersubsidi dan PPG Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T). Kemudian kami melakukan pengajuan izin ke Kemenristekdikti untuk 9 progdi. Alhamdulillah izin telah turun,” ungkap Muhdi

Menurutnya, pengajuan izin telah memperlengkapi sarana dan prasarana untuk proses pembelajaran, seperti asrama mahasiswa, gedung dan perlengkapan mengajar.

“Dari jauh hari yang kami siapkan adalah dosen dan pengajar dengan latar belakang dan jenjang yang sesuai sebagaimana dipersyaratkan oleh Kemenristekdikti. Semuanya telah siap.” tegasnya

Muhdi menambahkan, pada 2019 akan mulai menerima mahasiswa baru PPG pada 9 bidang studi. Meski demikian pihaknya masih menunggu persetujuan dari Kemenristekdikti mengenai teknisnya.

“Kami optimis di 2019 nanti sudah dapat membuka pendaftaran. Terkait jumlah mahasiswa yang nanti akan diterima masih perlu dibahas. Jika nanti Kemenristekdikti tidak membatasi jumlah, kami akan pertimbangkan terkait akan kuota.” tegasnya

Sedangkan Prof.DYP Sugiharto pada kesempatan tersebut menyampaikan, pemerintah memberikan kepercayaan kepada UPGRIS tidak lepas dari rekam jejak kampus tersebut. Karakteristik UPGRIS sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) yang sejak awal embrionya mengembangkan bidang studi kependidikan.

“Saya berharap UPGRIS menjadi wahana candradimuka untuk menggodok dan menghasilkan guru profesional.” tandas Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng tersebut

COMMUNITY

Materi Pelatihan