Tuesday, March 19, 2024
   
TEXT_SIZE

Kemenkes Aplikasikan Program Nusantara Sehat

Semarang-kopertis6.or.id - Dalam rangka penguatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan perbatasan, Kementerian Kesehatan telah, sedang, dan akan terus menempatkan tenaga kesehatan melalui program Nusantara Sehat.

Menurut Ketua Komite Farmasi Nasional (KFN), Drs. Purwadi, MM,ME,Apt mengatakan, program ini merupakan program lintas di Kementerian Kesehatan yang fokusnya tidak terbatas pada kegiatan praktek, tetapi juga promotif dan preventif untuk mengamankan kesehatan masyarakat di daerah yang paling membutuhkan.

“Ini sesuai dengan nawacita presiden RI Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.” ungkapnya.

Penyataan  Ketua KFN disampaikan saat memberikan pidato pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Apotekes angkatan ke-10 Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) yang berlangsung di Hotel Semesta Semarang, siang tadi (17/10).

Purwadi menjelaskan, sudah lebih dari 1800 tenaga kesehatan telah kita kirimkan ke lebih dari 250 Puskesmas, terdiri dari tenaga dokter, tenaga apoteker, bidan, perawat, dokter gigi sampai dengan tenaga kesehatan lingkungan dalam bentuk satu tim. “Sekarang ada program lagi Nusantara Sehat tetapi individual.” imbuhnya

Saya berharap, lulusan dari Farmasi Unwahas yang berasal dari daerah luar Jawa agar kembali ke daerah asal, mengingat masyarakat di sana masih sangat membutuhkan tangan-tangan terampil pengelola obat.

“Mudah-mudahan untuk yang angkatan ini sebagian besar yang berasal dari Indonesia Timur, kembali ke daerah masing-masing untuk memperkuat negara RI.” katanya

Menurut Purwadi, bagi yang mengikuti program Nusantara Sehat, gaji untuk Apoteker sebesar sepuluh juta lima ratus ribu rupiah per bulan. “Tugasnya cukup dua tahun, dan perpeluang menjadi ASN.” tegasnya

Peserta pengambilan sumpah apoteker kali ini diikuti 70 orang, lulusan terbaik diraih Iffa Kholisatul Izza, S.Farm, Apt dengan IPK 3.90

Tampak hadir dalam acara pelantikan Wakil dari Ketua Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, Liliek Yusuf Indrajaya, Rektor Unwahas, Prof. Dr. H. Mahmutarrom beserta jajaran, Dekan Fakultas Farmasi Unwahas, Aqnes Budiarti, Ketua Progdi Profesi Apoteker, Yance Anas.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan