Tuesday, March 19, 2024
   
TEXT_SIZE

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Stikes Muhammadiyah Klaten Lakukan Penguatan Progres

Klaten-kopertis6.or.id – Stikes Muhammadiyah Klaten memiliki lima progdi yang keseluruhan telah terakreditasi B oleh LAMPTKes, dan sekarang dalam proses menunggu hasil akareditasi Insitusi oleh BAN-PT.

“Progres yang kami lakukan saat ini berupa pengembangan SDM dosen melalui studi lanjut, baik pada jenjang program S2 maupun S3. Pada aspek yang lain, kami lakukan peningkatan kualitas pembelajaran melalui pendekatan SCL, penguatan praktek laboratorium dan Rumah Sakit, peningkatan sarana prasarana pendidikan.” 

Penyataan ini disampaikan Ketua Stikes Muhammadiyah Klaten, Sri Sat Titi H, S.Kep.M.Kes dalam pidatonya usai mewisuda para lulusannya yang berlangsung di Gedung Al Mabrur Kompleks RSI Klaten, Rabu 11 Oktober 2017 dalam acara Wisuda dan Angkat Sumpah.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat institusinya akan merencanakan melakukan pengembangan laboratorium terpadu untuk keperawatan, farmasi maupun kebidanan, juga peningkatan kualitas laboratorium komputer maupun perpustakaan alumni. “Apa yang kami lakukan ini sebagai upaya peningkatan mutu lulusan.” tegasnya

Sekretaris Pelaksana (Sespel) Kopertis VI, Amsar SH.MM saat hadir di acara tersebut memberikan apresiasi kepada Stikes Muhammadiyah Klaten dimana lima program studi yang diselenggarakan mampu meraih akreditasi B. 

“Raihan ini merupakan cerminan kualitas pendidikan yang ada di institusi ini. Pada pengajuan re-akreditasi mendatang semua progdi yang ada di institusi di Stikes Muhammadiyah Klaten  mampu mengalami peningkatan hingga pada capaian nilai sempurna, yaitu terakreditasi A. Sedangkan untuk akreditasi Institusi pada pengajuan re-akreditasi mendatang dapat diupayakan minimal meraih predikat B.” harap Amsar. 

Mengenai studi lanjut dosen, Amsar juga berharap agar dosen di Stikes Muhammadiyah Klaten mampu mencapai pada tataran Doktor (S3). “Dengan keberhasilan dosen meraih Doktor, maka berpotensi  untuk meraih jabatan Profesor.” ungkapnya. 

Ditegaskan oleh Sespel bahwa selama ini para Profesor di PTS Jateng hanya ada diperguruan tinggi berbentuk Universitas, sedangkan PTS berbentuk Institut, Sekolah Tinggi, maupun Politeknik belum ada.  

Ke depan kita harapkan Stikes Muhammadiyah ini menjadi pionier bagi PTS lain, khususnya terkait dengan raihan akreditasi, raihan JAFA dosen tetap, latar belakang pendidikan dosennya mampu diperoleh secara optimal.  “Mimpi ini hanya dapat terwujud jika didasari oleh kesungguhan, profesionalisme, serta adanya komitmen dan kerja keras maupun kerja cerdas.” tandasnya.

Tampak gambar : Prosesi wisuda oleh Ketua Senat

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan