Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Pertumbuhan Sektor Pariwisata Indonesia Capai 10% Lebih

Semarang-kopertis6.or.id - Dalam pengembangan dan pembangunan sektor pariwisata, SDM merupakan faktor utama. Untuk itu, sektok yang satu ini mendapatkan perhatian yang luar biasa.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Prof. Dr. H.M Ahman Sya mengatakan, semenjak tiga tahun terakhir bidang kepariwisataan sudah ditetapkan sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional. Alasan yang mendasari, di waktu yang lampau sektor yang satu ini tidak pernah disinggung, karena  dianggap hanya sebagai pelengkap penderita saja.

Fakta menunjukkan,  selama ini kita hanya mengandalkan minyak bumi dan gas, batu bara dan kelapa sawit. Namun,  semua  menurun drastis tidak lagi memberi harapan masa depan. “Dari aspek-aspek tersebut, sudah tidak lagi dapat membek-up kehidupan di masa depan.’ papar Prof. Dr. Ahman Sya.

Penjelasan tersebut disampaikan pada saat membuka Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan “Goes To Campus” yang diselenggarakan STIEPARI Semarang  pagi tadi (24/3) yang berlangsung di hotel Patra, dengan peserta yang berasal dari mahasiswa dan siswa SLTA di Semarang sebanyak 500 orang,  dengan narasumber Drs. H.A. Mujib Rohmat, MH, Anggota Komisi X DPR RI, Urip Sihabudin, MH, Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata Jateng, Dr. Wisnu Bawa Tarunajaya, Asisten Deputi Bidang Pegembangan SDM Kepariwisataan.

Prof. Dr. Ahman Sya menegaskan, pendapatan negara dari lima sektor tersebut, hanya satu yang trennya mengalami pertumbuhan sangat positif, yakni pariwisata. “Tingkat pertumbuhan pariwisata saat ini di atas 10%, jauh lebih tinggi di atas rata-rata pertumbuhan  ekonomi nasional yang hanya 5,2%.” paparnya

Menurutnya, potensi pariwisata Indonesia luar biasa dengan potensi alam dan budayanya. Untuk itu, kepada peserta pelatihan, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan mengharapkan agar dapat menjadi agen perubahan untuk sektor pariwisata.

“Saudara harus mempromosikan wisata melalui media online, pasti dalam sekejam daerah wisata Jateng akan di kenal. Potensi diri yang saudara miliki perlu disalurkan pada dunia pariwisata.” harapnya

Disamping menyebarkan pengetahuan tentang kepariwisataan, anda juga harus menjadi kader yang dapat menjadi  contoh untuk menjaga dan mengimplementasikan sapta pesona, yakni aman, nyaman, tertib, bersih, indah, ramah.

Tampak gambar : Ketua STIEPARI Semarang, Renny Apriliyani, MM saat memberikan cinderamata kepada Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Prof. Dr. H.M Ahman Sya usai membuka acara Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan “Goes To Campus” yang berlangsung pagi tadi di Patra Hotel.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan