Wednesday, April 08, 2020
   
TEXT_SIZE

Miliki Potensi Berkembang, Saatnya Akpelni Menjadi Politeknik

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id – Yayasan Wiyata Dharma Semarang selama ini  telah memfasilitasi dengan baik penyelenggaraan pendidikan di Akpelni. Kopertis sepenuhnya mendukung dan telah merekomendasikan kepada yayasan untuk mengusulkan pengembangan perguruan tinggi dari Akpelni menjadi Politeknik Bumi Akpelni, dengan pengusulan progdi Transportasi Laut jenjang Sarjana Terapan.  

Ungkapan tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto saat menjadi Inspektur Upacara pada acara Wisuda Ahli Madya Kemaritian dan Perwira Remaja Pelayaran Niata ke-41 Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (AKPELNI) Semarang yang berlangsung di kampus Bendan Dhuwur, 4 Mei 2018.

Ia menjelaskan, di bawah kepemimpinan Direktur Capt. Achmad Sulistyo, MM.Mar, Akpelni telah melaksanakan Tridharma perguruan tinggi dengan baik, taat azas dan akuntabel serta telah mencapai prestasi dan reputasi kelembagaan yang membanggakan.

“Prestasi pertama, terkait dengan peringkat akreditasi progdi  dimana  semua meraih peringkat B, bahkan untuk hasil Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) beberapa waktu yang lalu juga meraih peringkat B. Adapun prestasi kedua adalah penerapan sistem penerapan ijazah nasional (PIN) dan sistem informasi ferivikasi ijazah elektronik, merupakan jaminan legalitas keabsahan yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.” paparnya

Prof. DYP Sugiharto menegaskan, dengan PIN ini, maka ijazah yang diterima lulusan disamping mendapatkan nomor registrasi dari Akpelni juga mendapat nomor registrasi resmi dari Kemenristekdikti dan sifatnya online. “Dengan PIN lulusan Akpelni tidak perlu melakukan legalisasi ijazah, cukup dapat melihat secara online apabila ada yang berkeinginan melihat keabsahannya.” katanya

Koordinator menambahkan, dari 257 PTS di Jawa Tengah baru terdapat 7 PTS yang sudah mengaplikasikan PIN dan Sivil. “Dari 7 PTS tersebut salah satunya adalah Akpelni Semarang”

Sementara itu, Direktur Akpelni Semarang Capt. Achmad Sulistyo dalam laporannya menyampaikan, lulusan yang diwisuda saat ini sebanyak 150 taruna dengan rincian 87 taruna lulusan dari progdi Nautika, 59 taruna dari progdi Teknika, 4 taruna dari progdi Tatalaksana.

“Wisudawan terbaik untuk progdi Nautika diraih Rizky Putra Febrian dengan Cumlaude, progdi Teknika diraih Septiadi Irawan dengan predikat Sangat Memuaskan, progdi KPN diraih Pujo Wahyu Romandhona dengan predikat Sangat Memuaskan.” beber Direktur Akpelni. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan