Friday, April 03, 2020
   
TEXT_SIZE

Concern Penjaminan Mutu, UNIBA Siap Dampingi SMA/K Raih Sertifikat ISO

Solo-kopertis6.or.id - Bekerja sama dengan TUV-SUD Indonesia, sebuah lembaga sertifikasi ISO Internasional, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dan Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) UNIBA Surakarta menggelar seminar QUALITY ASSURANCE MANAGEMENT SYSTEMS FOR SCHOOLS, berlangsung di Novotel Solo dengan diikuti sekitar 50 perwakilan kepala sekolah SMA/K se Solo Raya, baru-baru ini.

Narasumber terdiri  Dr. Suliswiyadi dari internal Uniba, dan Allan Richardo Rahardian dari TUV SUD.  Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Pengelola pendidikan menengah dan Kejuruan (BP2MK ) Wilayah III Surakarta, yang diwakili oleh  Susanto dan Kepala Yayasan Perguruan Tinggi Islam Batik (YApertib)  Ir. Solichul Hadi Ahmad Bakri, M.Erg.

Susanto menyampaikan,  SMA/SMK perlu meningkatkan penjaminan mutu di sekolah, baik melalui SPMI maupun ISO. ISO sangat diperlukan sebagai branding sekolah untuk pengakuan kompetensi lulusan secara internasional. Sementara itu, Kepala Yapertib, Solichul Hadi mengatakan bahwa UNIBA sudah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 dan pada tahun ini berproses ke ISO 9001:2015 yang berbasis pada manejemen risiko.  “UNIBA sangat concern terhadap penjaminan mutu, oleh karena itu UNIBA siap mendampingi SMA/K se-Solo Raya dalam rangka memperoleh sertifikasi ISO.” ungkapnya

Sistem penjaminan mutu sangat diperlukan di sekolah, sebagaimana diatur dalam permendikbud No. 28 tahun 2016. Penjaminan mutu merupakan mekanisme yang sistematis, terintegrasi dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses pendidikan sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan.

Penjaminan mutu merupakan siklus yang tidak terputus mulai dari perencanaan peningkatan mutu-implementasi peningkatan mutu-monitoring dan evaluasi-analisis mutu pendidikan dan pemetaan mutu,  yang kesemuanya bermuara pada proses pembelajaran untk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi unggul.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan