Tuesday, April 07, 2020
   
TEXT_SIZE

Untuk Menang Kompetisi, Butuh Sikap Mental

 

Semarang-kopertis6.or.id – Kompetisi yang begitu ketat disegala aspek kehidupan saat ini, lulusan perguruan tinggi tidak cukup  mengandalkan gelar dan IPK tinggi untuk memperoleh pekerjaan, namun harus memiliki sikap mental yang baik. Selanjutnya, dari aspek tersebut di dukung dengan pemenuhan tiga hal, yakni kepemilikan tujuan, kepemilikan sikap optimis dan keyakinan dalam kemampuan mencapai tujuan, serta berani bertindak dan bertindak berani untuk mencapai tujuan.

“Tetapkan tujuan yang pasti, baik bagi yang berkeinginan studi lanjut segera studi lanjut, yang berkeinginan mau bekerja segeralah bekerja, dan bagi yang mau berwirausaha segeralah berwirausaha. Sedangkan terhadap sikap optimis, harus diwujudkan dalam tindakan, serta berani bertindak dan bertindak berani untuk mencapai tujuan.”   

Petuah tersebut disampaikan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto saat menyampaikan sambutan yang ditujukan kepada para lulusan Universitas Ngudi Waluyo(UNW) yang tadi pagi (22/3) diwisuda di Balai Kodam IV Diponegoro, Watu Gong Semarang.

Koordinator menegaskan, keberanian bukan berarti bukan tidak ada rasa takut. Seorang pemberani adalah pribadi mampu mengendalikan rasa takut. 

“Berkompetisi di dunia kerja bukan sesuatu yang harus ditakuti, tetapi sesuatu yang harus dihadapi. Orang yang pemberani pasti akan percaya diri. Oleh karena itu,  jadilah pemberani, karena ujungnya  pada keberanian.” harapnya 

Ia menggarisbawahi, bahwa seorang pemenang tidak akan pernah berhenti berusaha, karena dengan berhenti berusaha maka tidak akan pernah menjadi pemenang. “Jangan ragu dan takut menghadapi kesulitan, karena yang menyebabkan kita kesulitan bukan karena takut, tetapi karena kita menghadapi ketakutan kita jadi menghadapi kesulitan.”ungkapnya penuh nasehat.

Sementara itu, Rektor UNW, Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum dalam sambutanya mewanti-wanti  kepada wisudawan untuk tidak lupa dan senantiasa mengedepankan karakter untuk selalu memberikan yang terbaik yang dijiwai oleh aklhak dan budi pekerti mulia.”Implementasikan selalu prinsip Kerja 5As, yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja mawas, kerja tuntas, dan kerja iklhas.” harapnya

Tampak gambar : Wisudawan terbaik sedang menerima penghargaan dari Rektor UNW.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan