Friday, April 03, 2020
   
TEXT_SIZE

Mahasiswa Unissula Belajar Kepemimpinan Di Konferensi Asia Pasifik

Lilik Alfiatin Nafi’ah mahasiswa Sejarah Peradaban Islam dan Azwan Pratama mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris menjadi delegasi di acara Asia Pacific Future Leader Conference (APFLC) 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari 24-27 November 2016 ini diselenggarakan kali pertama oleh Asia Pacific Leader Initiative yang berpusat di Malaysia.

Menurut Lilik, ia bersyukur menjadi salah satu dari 150 delegasi terpilih melalui seleksi ketat dari kurang lebih 1000 pendaftar. “Peserta konferensi berasal dari berbagai negara se-Asia Pasifik seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Bangladesh, India, Pakistan, Jepang, hingga Nepal.” Tuturnya.

Bertempat di Hotel Soleil dan gedung Kementerian Perpelancongan dan Kebudayaan, konferensi yang mengambil tema digital leader in the 21st century ini menghadirkan 7 pembicara internasional dalam seminar yang dikemas dengan konsep Leader talk. Para keynote speaker seperti Menteri Perpelancongan dan Kebudayaan, Direktur Facebook Asia Pasifik, Digital Manajer Google Asia Pasifik, dan lain-lain memaparkan materi tentang future leader, emerging youth, youth in parlament, dll.

Adapun dalam sesi focus group discussion dan presentasi yang mengangkat grand tema problem solving, Lilik bersama tim berhasil menyabet juara 3. “Dalam FGD kami dibentuk tim yang terdiri dari 9 orang, ditantang untuk mengidentifikasi masalah bidang food and beverage dan menyusun langkah solusinya.” Lanjutnya, “Kami mengkonsep aplikasi yang dinamai Foodo (Food Donation) untuk bisa menjadi solusi mengatasi kelaparan di dunia serta mengurangi timbunan sampah sisa makanan.” Ungkap Lilik.

Selain seminar dan FGD, kegiatan ini juga menampilkan cultural night yaitu performance kebudayaan dari masing-masing negara. Serta di hari terakhir, para delegasi diajak mengunjungi perusahaan (company visit) di Menara Petronas.

Sementara Azwan mengungkapkan “Kami senang bisa mewakili Unissula di kancah internasional. Selain pengalaman, kami mendapatkan banyak ilmu baru yang bisa diaplikasikan sekembalinya ke kampus, dan siap menerapkan ilmu kepemimpinan.” pungkasnya.

Gambar : Lilik Alfiatin Nafi’ah, dan Azwan Pratama (pertama dan kedua dari kanan)

COMMUNITY

Materi Pelatihan