Sunday, July 05, 2020
   
TEXT_SIZE

UM MAGELANG FOLLOW UP KERJASAMA DENGAN UNIDO

Magelang-kopertis6.or.id - Sebagai tindak lanjut dari pertemuan yang telah dilakukan sebelumnya di Fakultas Teknik,  Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang menerima kunjungan Prof. Rene Van Berkel  dari Organisasi Pembangunan Industri PBB (United Nations Industrial Development / UNIDO) dan Prof. Zinaida Fadeeva dari Universitas PBB (United Nations University / UNU) beberapa waktu lalu. Kunjungan dilakukan untuk membicarakan rencana kerjasama antara UM Magelang, khususnya FT UM Magelang dengan  UNIDO dan UNU dalam mengembangkan potensi industri kecil dan menengah yang ada di kabupaten/kota Magelang menuju industri yang berkelanjutan (Sustainable Industry).

Rektor dan  Wakil Rektor dengan didampingi  Dekan FT beserta jajaran kaprodi  di FT menemui kedua tamu tersebut. Yun Arifatul Fatimah, PhD, Dekan FT mengatakan, program sustainable industry akan dilakukan melalui  program Resource Efficient and Cleaner Production (RECP) atau efisiensi sumber daya dan produksi yang lebih bersih serta ramah lingkungan.

Dalam pertemuan ini, Rektor menyambut baik inisiasi awal untuk membahas beberapa kerjasama yang dapat dilakukan FT dengan UNIDO. Ir Eko Muh Widodo, MT menyatakan suatu kehormatan bagi UM Magelang untuk dapat bekerja sama dengan UNIDO dan UNU dalam mengembangkan Research and Education Programmes yang memfokuskan pada RECP untuk industri-industri  yang ada di Magelang.

Prof. Rene menyampaikan bahwa pada saat ini UNIDO bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pariwisata dalam mengembangkan proyek Sustainable Tourism Development di Magelang melalui program RECP. "Ada banyak potensi yang bisa dilakukan UM Magelang sebagai perguruan tinggi lokal untuk mendukung tercapainya Sustainable Tourism and Industry di Magelang melalui co-operation, co-creation and co-innovation dengan stakeholders di Magelang," ujar Rene.

Ia menambahkan, peran aktif Perguruan Tinggi menjadi kunci sukses pengembangan industri kecil dan menengah sebagai salah satu motor penggerak ekonomi di Magelang dalam mencapai Sustainable Consumption and Production and Green Industry. Prof. Rene juga menyampaikan bahwa UNIDO akan siap mendampingi UM Magelang khususnya Fakultas Teknik dalam mengembangkan program-program pendidikan dan penelitian yang berorientasi pada pencapaian Sustainability of Industry.

Prof. Zinaida Fadeeva, Senior Specialist for Policy and Strategy - United Nations University for the Advanced Study of Sustainability yang juga aktif dalam pengembangan Sustainable Production and Consumption Programme menyampaikan bahwa UM Magelang melalui Fakultas Teknik berpotensi besar untuk menjadi bagian penting dari Sustainable Production and RECP networking.  Zinaida menyampaikan kesediaan untuk membantu UM Magelang dalam mengembangkan dan memperkuat jaringan nasional dan internasional ke depan.

Yun menyampaikan, kerjasama tersebut akan ditindaklanjuti dengan penyusunan Research and Education RECP Programmes yang akan melibatkan seluruh komponen Program Studi yang ada di FT yakni Teknik Industri, Teknik Informatika dan Teknik Otomotif dengan bekerjasama dengan UNIDO. Yun optimis bahwa program kerjasama Fakultas Teknik dan UNIDO tersebut akan dapat membantu memberikan penguatan terhadap institusi dan pelaku-pelaku industri,  khususnya industri kecil dan menengah di Magelang dalam menghadapi kompetisi global.

COMMUNITY

Materi Pelatihan