Friday, May 29, 2020
   
TEXT_SIZE

Kuliah Pakar Internasional Oleh Stikes PKU



Surakarta-kopertis6.or.id- Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta mengadakan Kuliah Pakar internasional  dengan mengundang dosen pakar dari Jepang. Acara yang berlangsung pada 24 Maret 2016 tersebut mengambil tema “Stay Healthy and Fit in Eldely People” dengan  menghadirkan Prof. Akichika Mikami, PhD, seorang pakar dalam keperawatan gerontik yang sekaligus menjabat sebagai Dekan Fakultas Keperawatan dari Chubu Gakuin University of Japan.

Dalam presentasinya Prof. Akichika mengatakan,  dari hasil penelitian yang sudah Dia lakukan di Jepang, Taiwan dan Korea Selatan, diperoleh hasil adanya lonjakan jumlah penduduk usia lanjut yang hampir mendekati proporsi 25% dari total populasi di negara tersebut. Disamping itu, mulai ada kecenderungan dalam keluarga-keluarga di negara Asia Timur untuk mengirimkan anggota keluarga lansia mereka ke rumah sakit maupun pusat pusat pelayanan lansia semacam panti jompo. “Saat ini di Taiwan membutuhkan sekitar 200.000 care giver bagi lansia di panti-panti jompo” imbuh Prof. Akichika.” jelasnya

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta, Weni Hastuti menyampaikan,  kuliah pakar dengan Chubu Gakuin University of japan ini adalah yang kedua kalinya di laksanakan di Stikes PKU.

“Kuliah pakar ditindaklanjuti dengan pelatihan Skill lab dengan Instruktur  Tim dari Chubu Gakuin diantaranya Eniko Hayashi, RN, Ns., Yuko Kasano, RPT, Ns., (pakar fisioterapi) Shinako Yamashita, RN, SW kepada mahasiswa D III keperawatan semester II tentang penanganan perawatan pasien lansia yang mengalami Asma bronchial.” ungkap Weni

Tujuan utama yang hendak diraih, lanjutnya, tentu adalah untuk menghidupkan atmosfer akademik yang bernuansa internasional diantara civitas akademika. Adapun Tujuan lain, yakni membuka jalan bagi terbangunnya kerjasama (MoU) antara STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta dengan Chubu Gakuin University of Japan.

Setelah pelaksanaan Kuliah pakar kegiatan dilanjutkan Implementasi Joint Research antara tim dosen dari Chubu Gakuin University dan tim dosen dari STIKES PKU.

COMMUNITY

Materi Pelatihan