Tuesday, March 19, 2024
   
TEXT_SIZE

Tiga Kunci Sukses Menjadi Tenaga Kemaritiman Handal

Semarang-kopertis6.or.id – Sebagai negara maritim, peluang kerja di bidang kemaritiman semakin terbuka. Terlebih, Presiden Jokowi telah melakukan pengedepanan pembangunan dan pengembangan bidang kemaritiman.

Sejalan dengan hal tersebut, diharapkan Stimart AMNI mampu mencetak lulusan yang handal untuk mampu bekerja di dalam negeri,  bahkan bersaing dengan pelaut dan tenaga bidang maritim dari negara lain. ''Kunci sukses menjadi tenaga kemaritiman ada tiga,  yakni punya pendidikan intelektual yang baik, punya jati diri, dan punya ahlak yang bagus,'' jelas Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, siang tadi, Rabu (24/5).

Walikota mengatakan hal itu saat menjadi pemimpin upacara dalam wisuda ke 55 Sekolah Tinggi Maritim dan Transpor (Stimart) AMNI Semarang, di Jalan Soekarno Hatta. Sedikitnya 293 wisudawan diwisuda dalam perhelatan ini, mereka untuk program S1 sebanyak 19 wisudawan dan program D3 sebanyak 274 wisudawan. 

Ketua Stimart AMNI Ir Siswadi MT mengatakan, pihaknya menempa mahasiswanya untuk mampu menguasai bidang skill dan soft skill. Hal ini penting untuk menghadapi arus globalisasi dan persaingan memperebutkan pangsa kerja baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.

Selain ijazah, wisudawan  juga memiliki sertifikat keahlian saat lulus. Sertfikat keahlian di bidang yang berhubungan dengan keahlian kemaritiman ini, pastinya diakui dan berstandar internasional.

Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jateng, Prof Dr DYP Sugiharto menambahkan, lulusan sekolah tinggi kemaritiman punya pangsa kerja yang luas. ''Sekarang yang harus disiapkan pengelola adalah bagaimana membekali lulusannya agar mampu bersaing di kancah internasional, yaitu dengan sertifikasi dan kompetensi yang baik,'' jelasnya.

Kondisi ini juga dibuktikan, jika sekolah kemaritiman diminati oleh lulusan SMA dan SMK. ''Bahkan sampai menolak-nolak calon mahasiswa baru. Di Jateng hanya ada lima perguruan tinggi yang mengelola program kemaritiman,'' jelasnya

Tampak gambar : Walikota Semarang Hendrar Prihadi secara simbolis mewisuda wisudawan Stimart AMNI Semarang.

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan