Wednesday, November 30, 2022
   
TEXT_SIZE

UTP Gelar Simulasi Dan Seminar Anti Narkoba

Surakarta-kopertis6.or.id – Suara tembakan dan teriakan  dari Bandar narkoba menggelagar di Ruang Seminar UTP, sempat mengejutkan seluruh peserta seminar . Sang penyuluh anti narkoba di tawan oleh gembong narkoba, begitu pula seorang mahasiswa UTP dan seorang pelajar SMA sempat menjadi sandera.

Sang Bandar berteriak agar kegiatan penyuluhan anti narkoba ini dihentikan. Tak lama berselang, dengan cepat dan tepat, Tim dari Badan Narkotika Kabupaten  (BNK) Sukoharjo dengan bersenjata lengkap  masuk ke dalam ruangan. Sempat terjadi adu mulut antar keduanya, tetapi tim BNK dengan sigap melumpuhkan Bandar narkoba tersebut dan berhasil mengamankan para sandera.

Itulah sepenggal cerita simulasi pemberantasan narkoba dalam seminar penanggulangan narkoba yang diselenggarakan oleh Prodi PGSD dan Penjaskesrek UTP bekerjasama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sukoharjo, Sabtu (17/01).

Menurut ketua Panitia Aan Budi Santoso, M.Pd memaparkan, tema seminar kali ini adalah Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Sejak Dini Melalui Pendidikan dan Olah Raga. Tema ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa dan mahasiswa tentang dampak dari bahaya narkoba dan bagaimana pencegahannya.

Lebih lanjut Aan menyampaikan,  perserta seminar adalah siswa SMA/SMK/MA se-Solo Raya dan Mahasiswa UTP sebanyak 200 orang. Narasumber utama adalah Agus Widanarko, SE dari Ketua Tim Pencegah P4GN BNK Kabupaten Sukoharjo dan Kaprodi PGSD & PJKR UTP Surakarta.

Rektor UTP Surakarta, Prof. Dr. Ir. Ongko Cahyono, M.Sc pada saat membuka acara mengatakan, permasalahan narkoba di Indonesia telah menjalar di berbagai kalangan. Oleh karena itu, pengenalan dan pemahaman pencegahan dampak narkoba wajib diketahui seluruh lapisan masyarakat, utamanya adalah siswa dan mahasiswa. Seminar ini akan memberikan tambahan wawasan kepada mahasiswa dan siswa, sehingga mampu menjadi pelopor ditengah masyarakat dalam gerakan anti narkoba.

Pada saat yang bersamaan juga dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara UTP Surakarta dengan Badan Narkotika Nasional tentang UTP kampus bebas narkoba, sekaligus pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Nota Kesepahaman ini ditandangani oleh Rektor UTP dan Ketua Tim P4GN BNK Kab. Sukoharjo.

COMMUNITY

Materi Pelatihan