Friday, August 19, 2022
   
TEXT_SIZE

Dosen UMP RAIH Hibah Dikti

Purwokerto-kopertis6.or.id -  Prof. Sugeng Priyadi, M. Hum, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FKIP UMP), berhasil lolos dalam pengusul program hibah Penulisan Buku Ajar Perguruan Tinggi Tahun 2014.

Penerimaan hibah tersebut berdasarkan surat nomor 2744/E5.4/HP/2014 September lalu, dengan judul Buku ‘Sejarah Lisan’ yang ditandatangi oleh Direktur penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Kementrian Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendreal Pendidikan Tinggi (KEMENDIKBUD DIKTI), dari 399 naskah buku ajar yang diusulkan, 100 naskah usulan disetujui sebagai penerima hibah.

Prof. Sugeng menyampaikan, tugas dosen selain mengajar harus rajin menulis, seperti menulis buku ajar. Buku ajar merupakan materi penunjang sebuah sub materi yang berisi referensi berupa hasil penelitian dan contoh untuk memperdalam materi perkuliahan. Sehingga ketika seorang mahasiswa kurang paham dengan apa yang disampaikan oleh dosen, dapat membaca buku ajar guna memperdalam materi.

“Dosen dituntut  siap tidak hanya mengajar, tapi juga dalam menyiapakan materi, seperti menulis buku ajar. Sebab, buku ajar merupakan jembatan penting antara mahasiswa dan dosen, yakni, sebagai salah satu referensi berupa monografi dari hasil penelitian. Tujuan adanya buku ajar, agar mahasiswa dapat belajar sendiri, serta lebih mendalami materi,” jelas Sugeng.

Ia menambahkan,   dosen berkewajiban untuk mempertanggungjawabkan apa yang disampaikan, yaitu dengan mengajar, menulis buku ajar, melengkapi materi, serta memperkaya buku. Sebab dengan memperkaya buku, ketika sebuah lembaga khususnya prodi ingin mengajukan akreditasi, buku ajar dapat menjadi nilai tambah berdasarkan hasil penelitian dosen. 

COMMUNITY

Materi Pelatihan