Tuesday, June 28, 2022
   
TEXT_SIZE

Peringati Dies, Akpelni Gelar Apel Besar dan Kirab Akbar

Bendan Dhuwur-kopertis6.or.id - Dies Natalis Akademi Pelayaran Niaga Indonesia (Akpelni) Ke-50 tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain  adalah  Apel Besar yang berlangsung di Kampus setempat, serta Kirab Akbar seluruh civitas akademika di Jalan Pahlawan, baru-baru ini. Kirab Akbar diikuti  seluruh civitas akademika bersama para taruna-taruni, serta upacara di depan kantor gubernuran

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memimpin  jalannya upacara. Tampak hadir beberapa pejabat pemerintahan maupun pejabat di lingkungan Akpelni dan Yayasan Wiyata Dharma selaku badan penyelenggara pendidikan, termasuk Direktur Akpelni Djajari. Usai upacara acara dilanjutkan dengan atraksi liong oleh para taruna, drum corps dan kirab seluruh civitas akademika.

Ganjar Pranowo mengatakan, 50 tahun adalah usia yang cukup matang. Semua taruna harus siap menyambut tahun 2015 karena persaingan global di Asean semakin besar termasuk ketenagakerjaan.

“Pesan saya, semua taruna paling tidak setelah lulus nanti juga bisa berbahasa Inggris dengan bagus. Karena pesaing kita sangat kuat di dunia Internasional,” katanya.

Sementara, Direktur Akpelni,  Djajari menyampaikan, tujuan Kirab  ini untuk memperkenalkan tentang profil Akpelni dan menginformasikan ke masyarakat.

“Sebelumnya, minggu lalu kita juga melakukan Apel Besar bersama di halaman kampus, kemudian pelepasan 50 balon, pemberian cinderamata ke pendahulu Akpelni, di antaranya mantan pengurus yayasan dan mantan direktur, serta penampilan taruna drum corps dan liong. Selain itu, kita juga melakukan ziarah ke makam para pendahulu Akpelni di TPU Trunojoyo Banyumanik dan Bergota,” jelasnya.

Djajari berharap, dalam Dies Natalis Ke-50 semua taruna-taruni Akpelni harus siap menyongsong dunia global. Tingkatkan semangatnya dengan mengikuti visi Internasional di dunia bahari.

“Intinya para taruna-taruni harus mulai siap dari sekarang,” pintanya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan