Sunday, August 19, 2018
   
TEXT_SIZE

Program Pendidikan Dokter Gigi Unimus Terakreditasi B

Semarang-kopertis6.or.id – Bulan puasa membawa berkah tersendiri bagi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), dimana salah satu program studinya yakni Pendidikan Dokter Gigi untuk jenjang program S1 telah berhasil meraih akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes), sebagaimana tertuang dalam SK nomor : 0331/LAM PT Kes/Akr/Sar/V/2018. Sementara itu, peringkat akreditas B untuk Profesi Dokter Gigi Unimus tertuang dalam SK nomor : 0332/LAM PT-Kes/Akr/Pro/V/2018 berlaku selama lima tahun,  mulai 25 Mei 2018 sampai dengan 25 Mei 2023.

Visitasi akreditasi Pendidikan Dokter Gigi Unimus berlangsung dari 3-4 Mei 2018 menghadirkan tiga asesor LAM PT-Kes, yaitu Prof.Dr. drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes (USAKTI), Prof.Dr.drg. Chiquita Prahasanti, Sp.Perio (K) dari UNAIR, serta Dr.drg. Hendra Dian Aditya, Sp.KG (K) dari UNPAD.

Terhadap raihan ini, Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd mengatakan adanya sebuah pengakuan dari LAM PT-Kes bahwa penyelenggaraan Pendidikan Gigi dan Profesi Dokter Gigi di institusinya sudah on the track sesuai ketentuan dan standar yang ada dalam regulasi lembaga akreditasi.

“Dari aspek kurikulum, dosen, sarana prasarana, tata kelola, visi misi dll, sesuai dengan standar pendidikan dokter gigi Indonesia.” kata rektor saat mengikuti tarawih bersama dan sujud syukur atas raihan akreditasi tersebut

Menurutnya, hasil raihan akreditasi ini menjadi kabar gembira bagi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Unimus. “Kita optimis untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di Unimus, sebagai upaya peningkatan daya saing di tingkat global dengan menghasilkan lulusan berakhlakul karimah.” tegas Prof. Dr. Masruki

Dekan FKG drg, Budiono, M.Pd menambahkan, hasil capaian akreditasi FKG bukan hanya hasil kerja FKG, namun menjadi hasil kerja keras dan sinergitas bersama civitas akademika Unimus secara menyeluruh. “Capaian ini sebagai pemacu untuk pengelolaan FKG untuk semakin lebih baik lagi.” tandasnya

Sementara itu, Wakil Rektor I Unimus Dr. Sri Darmawati, M.Si menuturkan bahwa dengan capaian akreditasi B, FKG berhak menerima mahasiswa baru sejumlah 50 orang.

Program Pendidikan Dokter Gigi Unimus memiliki visi “Menjadi penyelenggara pendidikan dokter giri insane mulia, berbasis teknologi dan berdaya saing internasional pada 2030”, diharapkan semakin meningkatkan kualitas dan semakin unggul setelah berhasil meraih akreditasi B.

Tampak gambar : Rektor, Wakil Rektor, Dekan FKG dan Civitas Akademika Unimus bersama assessor LAM PT-Kes usai visitasi akreditasi.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan