Sunday, May 27, 2018
   
TEXT_SIZE

Kopertis VI Apresiasi Tata Kelola Unwahas

Semarang-kopertis6.or.id – Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) merupakan PTS kebanggaan sekaligus sebagai universitas terkemuka di Jawa Tengah. Ada tiga indikator yang memposisikan terhadap hal tersebut, yakni akreditasi institusi, dimilikinya program Doktor, serta dimilikinya Fakultas Kedokteran.

“Terkait dengan program Doktor, dari 257 jumlah PTS di Jawa Tengah saat ini, baru 6 (enam) perguruan tinggi yang memiliki program Doktor, salah satunya adalah Universitas Wahid Hasyim Semarang. Sedangkan untuk progdi Kedokteran, baru ada 5 (lima) PTS yang memiliki Fakultas Kedokteran. Tentu keberadaan Fakultas Kedokteran ini  sangat mendongkrak kemajuan Unwahas.”

Pernyataan Koordinator Kopertis VI Prof. Dr. H. DYP Sugiharto tersebut disampaikan saat menghadiri acara Wisuda Universitas Wahid Hasyim Semarang yang berlangsung di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kamis, 12 April 2018.

Pada kesempatan tersebut Koordinator menyampaikan ucapan terima kasih kepada Unwahas yang telah membantu pemerintah melalui peningkatan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di Indonesia. “Di Indonesia terdapat 4.529 perguruan tinggi di bawah Kemristekdikti. Dari jumlah tersebut hanya ada 134 PTN. sisanya sejumlah 4.495 adalah PTS. Sedangkan di Jawa Tengah, dari 266 PT hanya ada 9 PTN sisanya 257 adalah PTS.” bebernya

Prof.Dr.H.DYP Sugiharto menegaskan, bahwa kontributor terbesar partisipasi perguruan tinggi di Indonesia adalah PTS.

Sementara itu, rektor Unwahas Prof. Dr. Mahmutarom, SH.MH saat memberikan sambutan usai mewisuda lulusannya mengatakan, wisuda kali ini tampak istimewa karena diantara peserta wisuda adalah mahasiswa yang berasal dari negara Afganistan dan Thailand.

“Semoga lulusan yang berasal dari dua negara ini dapat mengabdikan kompetensi keilmuan yang diperoleh selama di Unwahas dapat dijadikan bekal membangun negaranya. Begitu pula mengenai Islam Nusantara yang digali selama ini di Unwahas, semoga mampu memberikan pemahaman yang baik untuk bekal pengetahuan ketika nanti kembali ke negaranya.” harap rektor

Wisuda kali ini diikuti sebanyak 46 lulusan dari program Magister, 357 lulusan dari program Sarjana.  

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan