Monday, June 18, 2018
   
TEXT_SIZE

Kunjungi Stimart “AMNI”, Sekda Sumba Timur Jajaki Kemungkinan Kerjasama

Pedurungan-kopertis6.or.id – Penanganan bidang Kemaritiman di wilayah Kabupaten Sumba Timur selama ini belum dilakukan secara optimal, utamanya terkendala oleh faktor sumber daya manusia. Padahal potensi Kemaritiman di Kabupaten Sumba Timur luar biasa, karena membentang pantai sepanjang 447 kilometer. 

“Pemanfaatan laut  baru sebatas untuk pengembangan budidaya rumput laut maupun penangkapan ikan oleh nelayan tradisional yang masih serba konvensional. Kedatangan kami ke kampus Stimart “AMNI” Semarang ini dalam rangka Silaturahmi sekaligus untuk menjajaki kemungkinan kerjasama bidang peningkatan sumber daya manusia melalui pengiriminan para lulusan SMA/SMK untuk kuliah di sini melalui program beasiswa.” 

Pernyataan ini disampaikan Sekda Sumba Timur, Ir. Juspan, M.Si saat melakukan pertemuan dengan para pejabat struktural maupun dosen dan perwakilan mahasiswa Stimart AMNI Semarang asal Sumba Timur. Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Pembantu Ketua (Puket II), Supriyono, S.Sos MM, Puket III, Agus Santosa, S.Sos, MM, serta Ka Diklat, Capt. Suryo Guritno, M.Mar, Ka Humas, Elyazar Loudoe,SH.MH, dosen asal Sumba, Radian Wismana, ST.MM, unsur yayasan, Fatahilah, M.Mar.E. 

Dalam pertemuan singkat ini Sekda Sumba Timur, Juspan mendapatkan penjelasan secara detail dari Ka Diklat, Suryo Guritno terkait dengan keberadaan Stimart AMNI Semarang beserta akselerasinya dalam mendidik taruna untuk menghasilkan lulusan kemaritiman yang handal, tidak hanya dibutuhkan oleh industri kemaritiman dalam negeri, akan tetapi juga tidak sedikit yang meniti karier di banyak negara.

“Lulusan Stimart “AMNI” tidak hanya mendapatkan ijazah, akan tetapi berbagai sertifikat sebagai persyaratan untuk bekerja di perusahaan dalam negeri maupun luar negerinya.” paparnya 

Menanggapi apa yang disampaikan tersebut, Sekda Sumba berjanji akan menyampaikan kepada Bupati terkait kunjungan ke kampus Stimart “AMNI”. Secara pribadi saya sangat berminat untuk melakukan peningkatan SDM Kemaritiman melalui pengiriman para siswa lulusan SMA/SMK untuk kuliah di institusi ini. Namun, keputusan mutlak ada di tangan Bupati.” tegas Radian. 

Atas kunjungan ini, Radian memperoleh kenang-kenangan dari Stimart “AMNI” Semarang, sebagaimana tampak pada gambar.  

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan