Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Stikes Muhammadiyah Kudus Rintis Perubahan Bentuk Menjadi Universitas

Kudus-kopertis6.or.id – Melalui raihan akreditasi Institusi B maupun akreditasi Progdi B untuk tiga progdi yang diselenggarakan, Stikes Muhammadiyah Kudus mulai ancang-ancang melakukan perubahan bentuk menjadi lembaga Universitas.

Hal tersebut disampaikan Ketua Stikes Muhammadiyah Kudus, Rusnoto, S.KM.M.Kes (Epid) saat penyelenggaraan Wisuda ke-19 institusinya yang digelar di kampus setempat Jl. Ganesha I Purwosari, Kudus, 8 Oktober 2017. 

Rusnoto menjelaskan, progress yang dilakukan institusinya saat ini berupa peraihan yang baik untuk akreditasi dari BAN-PT. 

“Untuk akreditasi institusi kami meraih predikat B dengan nilai 307, sedangkan akreditasi Progdi meliputi raihan predikat B untuk progdi Keperawatan S1 dengan nilai 341, progdi Profesi Ners meraih predikat B dengan nilai 347, sedangkan untuk progdi Kebidanan D3 meraih predikat B dengan nilai 314.” bebernya 

Menurutnya, dalam proses menuju perubahan bentuk menjadi universitas, institusinya saat ini juga melalukan progress berupa peningkatan kualitas dosen melalui studi lanjut.  “Saat ini ada dua dosen yang sudah melakukan studi lanjut pada jenjang Doktoral.” 

Rusnoto menambahkan, selain studi lanjut dosen, institusinya juga telah melebarkan sayap melalui kerjasama dengan pihak eksternal. “Kami telah jalin kerjasama luar negeri, diantaranya dengan Sirindhorn Colledge Public Health, Taipei Medical University, Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Kuala Lumpur (UniKL) Conventry University dan De Mont Fort University.” ungkapnya 

Dalam upaya pemberdayaan lulusan, Stikes Muhammadiyah Kudus berkomitmen melalui pembedayaan lulusan dengan melalukan kerjasama beberapa rumah sakit (RS).

“Saat ini kami telah bekerjasama dengan 13 RS di daerah, serta RS International Bintaro RS. Ananda.” tegas Kusnoto

Wisuda ke-19 kali ini Stikes Muhammadiyah Kudus meluluskan sebanyak 485 wisudawan. Tampak hadir dalam acara tersebut diantaranya Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto, Bupati Kudus, H. Mustofa, Majelis Dikti PP Muhammadiyah , Prof. Lincolyn Arsyad, Ph.D.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan