Sunday, December 16, 2018
   
TEXT_SIZE

Pasca Diwisuda, Dua Alumni Politama Akan Studi Lanjut ke Jepang

Solo-lldikti6.ristekdikti.go.id – Keinginan kuat duo kembar Yully Oscar dan Yenny Oscar untuk melakukan studi lanjut ke Jepang mendapat dukungan kuat dari kedua orang tuanya. Pengalamannya selama tiga tahun kerja magang di negeri Matahari tersebut, menjadikan kedua orang ini berkeinginan kembali kesana untuk  melanjutkan studi pada jenjang S1 di Kibi International University dengan mengambil progdi Teknik Pertanian.

“Untuk bekerja di Jepang ijazah yang dibutuhkan minimal S1. Untuk itu, kami perlu melanjutkan studi dulu untuk meraih Sarjana, dan kami butuh waktu tiga tahun kuliah disana. Biaya kuliah di Jepang cukup mahal, namun  mahasiswa yang berasal dari Indonesia akan mendapat keringanan biaya kuliah dari universitas yang kami tuju.” 

Pernyataan ini disampaikan Yully dan Yenny usai diwisuda oleh Politeknik Pratama Mulia (Politama) Surakarta yang berlangsung di Swiss Belinn Convention Hall Surakarta, Kamis, 15 November 2018. 

Selama magang Kerja di Jepang mendapatkan gaji yang jika dirupiahkan ada dikisaran angka lima belas juta perbulan. Menurutnya ini cukup besar, sehingga memotivasi kedua putri keluarga Khong Chandra Oscar untuk bekerja di Jepang, setelah nanti menyelesaikan pendidikan S1.

“Kami berdua akan bertolak ke Jepang nanti sekitar bulan Maret 2018. Selama kuliah nanti dirinya juga memiliki keinginan untuk kerja paruh waktu.” akunya

Direktur Politama Surkarta Sunaryo,  pada kesempatan tersebut mengapresiasi terhadap keinginan kuat mantan peserta didiknya yang akan studi lanjut ke Jepang. “Mereka sejak masih kuliah sudah memperlihatkan kemampuan diri pada bidang Teknik Mesin. Begitu pula pada bidang komunikasi khususnya berbahasa Jepang telah Ia kuasai, setelah melalui keikutsertaan khursus selama satu tahun.” ungkapnya

Pada konteks yang lain Sunaryo menambahkan, dari keseluruhan jumlah wisudawan sebanyak 141 orang yang berasal dari 8 (delapan) progdi yang diselenggarakan Politama Surakarta tersebut, terdapat 12 (dua belas) orang dari mahasiswa peraih beasiswa Bidikmisi. 

“Proses rekruitmen untuk penerima beasiswa Bidikmisi ini kami lakukan secara ketat. Kami lakukan investigasi dengan melihat kondisi perekonomian para orang tua, berikut meninjau langsung  kondisi tempat tinggal mereka.” tegasnya 

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Prof.Dr. DYP Sugiharto dalam sambutan tertulis yang disampaikan Kabag Tata Usaha Wigati Martiningsih mengatakan, sebagai lembaga Politeknik, Politama Surakarta memiliki kesempatan yang luas untuk berkembang.

“Dari delapan progdi yang diselenggarakan kesemuannya adalah jenjang Diploma. Kita harapkan kedepan institusi ini memiliki pemikiran untuk membuka jenjang program DIV bidang Vokasi.” katanya   

Tampak gambar : Yully dan Yenny tampak menunjukkan ekspresi bahagia ketika foto bareng bersama kedua orang tuanya

   

 

 

 

  

COMMUNITY

Materi Pelatihan