Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

TI PHB Studi Banding ke BINUS dan PNJ

Tegal – lldikti6.ristekdikti.go.id - Dalam upaya peningkatan kualitas pengelolaan perguruan tinggi, Prodi Teknik Informatika (TI) Politeknik Harapan Bersama (PHB) baru-baru ini melakukan studi banding ke prodi Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara (Binus) dan Jurusan Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). 

Ketua Prodi TI PHB Ginanjar Wiro Sasmito bersama dengan tim, yakni Dega Surono W., Slamet Wiyono, Taufiq Abidin, dan M. Nishom mengaku telah belajar banyak dari kedua kampus tersebut.  

Binus dan PNJ sangat layak untuk dijadikan rujukan dalam peningkatan mutu dan kualitas Prodi yang dikelolanya,”katanya

Kunjungan studi banding dihari pertama diterima Ketua Jurusan Teknik Komputer dan Informatika PNJ  Mauldy Laya. Sedangkan di Prodi Ilmu Komputer Binus dihari kedua kunjungan, diterima Ketua Prodi S1 Ilmu Komputer Binus Derwin Suharton. 

Ka Prodi Ilmu Komputer Binus mengapresiasi kehadiran rombongan PHB dalam rangka studi komparasi dengan prodi yang di pimpinnya. 

“ini menandakan bahwa semangat dan motivasi  tinggi dari pengelola Poltek HB khususnya Prodi TI untuk terus melakukan inovasi,” tegas Derwin Suharton. 

Adapun poin penting yang dipelajari dari PNJ adalah pada pengelolaan mutu / kualitas pendidikan vokasi, mulai dari kurikulum yang diterapkan, sistem pembelajaran, suasana akademik, pengelolaan laboratorium, sertifikasi kompetensi, maupun penerapan project based learning. Sedangkan di Binus, meliputi program internship, kegiatan kemahasiswaan, kompetensi mahasiswa, penerapan reward and punishment, pendidikan karakter/moral bagi mahasiswa, serta upaya peningkatan prestasi mahasiswa sesuai dengan bidang studi. 

Salah satu penentu kualitas prodi adalah pada daya serap alumni di dunia industri yang sesuai dengan bidang studinya. Alasan inilah kami melakukan studi banding di Binus dalam rangka belajar mengenai hal ini.  

“Kami merasa  tertarik dan antusias dalam mendengarkan informasi  yang disampaikan Ketua prodi S1 computer science Binus, ungkap Ginanjar. 

Ia mengharapkan poin-poin tertentu yang telah dipelajari di PNJ maupun di Binus dapat diterapkan di Prodi yang dikelolanya, demi peningkatan mutu dan kualitas Prodi TI PHB. (sumber berita Humas PHB)

COMMUNITY

Materi Pelatihan