Tuesday, October 23, 2018
   
TEXT_SIZE

POLHAB Konsen Pada Progress Peningkatan Peringkat APT

Tegal-lldikti6.ristekdikti.go.id – Akreditasi merupakan salah satu barometer terhadap kualitas penyelenggaraan perguruan tinggi, baik itu yang terkati dengan akreditas Progdi maupun Akreditasi Institusi.

Sebagai perguruan tinggi yang relatif masih muda usia, Politeknik Harapan Bersama (POLHAB) Tegal telah berhasil menyelenggarakan 7 (tujuh) progdi dengan akumulasi jumlah mahasiswa mendekati angka 5000 (lim ribu).

Menurut sambutan tertulis Ketua LLDIKTI Wilayah VI yang disampaikan Sekretaris Amsar saat menghadiri wisuda POLHAB ke-14 yang berlangsung di Bahari Hotel, Rabu, 10 Oktober 2018, sangat mengapresiasi terhadap capaian ini.

“Ini raihan yang luar biasa, sebagai perguruan tinggi (PT) yang masih relatif muda usia eksistensi POLHAP Tegal tidak diragukan lagi, mengingat sebagai PT berbentuk Politeknik mampu memiliki mahasiswa sebanyak hampir 5000 orang.” ungkapnya

Sebagai upaya mempertahankan eksistensi tersebut, Amsar menyarankan agar POLHAB melakukan prioritas progress melalui peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT).

“Kami berharap di 2019  untuk APT POLHAB Tegal dapat meningkat, paling tidak meraih akreditasi B (amat baik).” tegasnya 

Menurutnya,  kualitas yang dimiliki perguruan tinggi tidak semata-mata ditentukan oleh banyaknya mahasiswa yang kuliah maupun megahnya falilitas yang dimiliki kampus, namun ditentukan  oleh raihan akreditasi, baik itu untuk APT maupun akreditasi Progdi. 

“APT juga ada yang difungsikan oleh para pencari kerja dari dunia industri maupun ASN/PNS sebagai salah satu persyaratan bagi para lulusan perguruan tinggi berasal untuk diterima sebagai pelamar/pekerja.” papar Amsar 

Ia menjelaskan,  mengenai akreditasi progdi yang ada di Politeknik Harapan Bersama sudah cukup baik, karena mayoritas sudah terakreditasi B. 

“Raihan tersebut semoga tidak menjadikan puas diri bagi para penyelenggara institusi ini, karena masih ada satu tingkatan lagi yang harus diupayakan, yakni perolehan akreditas A (unggul). Begitu pula untuk akreditasi progdi yang masih melekat nilai C, untuk diupayakan meraih peringkat B atau lebih tinggi lagi.” harap Sekretaris 

Senada dengan apa yang disampaikan Sekretaris LLDIKTI Wilayah VI, Direktur POLHAB Tegal Chambali menjelaskan, institusinya telah berupaya memberikan insuren/jaminan kepada stakeholder melalui peningkatan budaya mutu. 

“Saat ini kita telah berproses dengan mengirimkan instrument APT, mohon doa restunya. Begitu pula untuk reakreditasi untuk Sarjana Sains Terapan Teknik Informatika yang kita targetkan dapat meraih peringkat A (unggul).” tutur Chambali menjelaskan

 

 

 

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan