Monday, November 19, 2018
   
TEXT_SIZE

Dua PTS di Jateng Buka Progdi Langka

Bendan Dhuwur – Koordinator Kopertis VI Prof.Dr.H. DYP. Sugiharto kemarin siang (2/7) menyerahkan Salinan Surat Keputusan (SK) dari Menristekdikti kepada 9 PTS di Jateng, masing-masing SK tentang Perubahan Badan Penyelenggara, SK tentang Izin Pembukaan progdi, serta SK perubahan bentuk institusi. 

SK Perubahan Badan Penyelenggara diterimakan kepada Persyarikatan Muhammadiyah Semarang, Yayasan Kusuma Husada Surakarta, Yayasan Wiyata Dharma, Yayasan An Nahdla Banjarnegara. Sedangkan SK Pembukaan Progdi baru diterimakan kepada Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta, Stikes Mitra Husada Karanganyar. Sedangkan SK Perubahan bentuk institusi diterimakan kepada Yayasan Budi Utomo Kartasura.

Rektor UNIMUS Prof.Dr.H. Masrukhi usai menerima SK mengatakan, untuk progdi baru Ilmu Laboratorium Klinis Program Magister Terapan yang akan di buka pada tahun ajaran baru 2018/2019, merupakan satu-satunya di Indonesia.

“Kami optimis peminatnya cukup banyak dan pangsa pasarnya sudah jelas, yaitu para dosen pengampu S1/DIII Analis Kesehatan di perguruan tinggi. Untuk rekruitmen perdana kami akan targetkan perolehan mahasiswa baru sebanyak 50 orang.” jelasnya

Bertambahnya progdi baru Ilmu Laboratorium Klinis Program Magister Terapan tersebut, saat ini UNIMUS telah menyelenggarakan  sebanyak 23 progdi.

Senada akan hal ini, Ketua Stikes PKU Muhammadiyah Surakarta Weni Hastuti, M.Kes menuturkan, dua progdi baru masing-masing Teknologi Rekayasa Elektromedis Program Sarjana Terapan dan Progdi Keperawatan Anestesiologi Program Sarjana Terapan juga masih tergolong langka.

“Di Indonesia, perguruan tinggi penyelenggara progdi ini masih dapat dihitung dengan jari. Sedangkan di Jateng kami sebagai pionier penyelenggara dua progdi tersebut. Saat ini sudah banyak masyarakat yang menanyakan kapan progdi tersebut di buka. Dengan telah diterimanya SK ini, dalam waktu dekat akan kami lakukan launching.”  ungkap Weni

Sementara itu Koordinator Kopertis VI, Prof.H.DYP Sugiharto dalam pengarahannya kepada penerima SK pembukaan progdi baru untuk segera melakukan promosi. Hal tersebut dimaksudkan agar tahun ajaran baru 2018/2019 dapat menyelenggarakan perkuliahan.

“Karena Kopertis sudah ikut memberikan rekomendasi, jangan sampai hal ini tidak direalisasikan. Waktu 2 bulan silahkan diatur sebaik-baiknya.” tegasnya

Tampak gambar : Rektor UNIMUS Prof.Dr.H. Masrukhi saat menerima SK dari Koordinator Kopertis VI, Prof.Dr.H. DYP Sugiharto

COMMUNITY

Materi Pelatihan