Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

Aplikasikan Progam Pemerintah, Stiepari dan PIP Jalin Kerjasama

Bendan Ngisor-kopertis6.or.id –  Kebutuhan akan  sumber daya manusia di bidang kemaritiman di Indonesia masih dirasa belum mencukupi, sehingga perguruan tinggi memiliki posisi penting dalam mengaplikasikan program pemerintah untuk pengoptimalan penanganan di bidang kemaritiman.

“Kami siap mengakomodir tenaga dosen  kemaritiman untuk melakukan studi lanjut pada Program Magister Manajemen di Stiepari. Serah terima Naskah Kerjasama yang berlangsung siang ini, Senin 24 oktober 2016 antara Sekolah Tinggi Ekonomi Pariwisata Indonesia (Stiepari) dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, saya anggaap merupakan kolaborasi yang tepat.” kata Ketua Stiepari, Dra. Renny Apriliani, MM sebelum melakukan serah terima naskah kerjasama antara kedua belah pihak.

Dia berharap, melalui kerjasama ini, terkait dengan permasalahan tenaga pendidik Kemaritiman dapat teratasi. Sedangkan bagi mahasiswa kami (Stiepari-red) yang setelah lulus nanti berkeinginan bekerja di kapal pesiar, disarankan mengikuti beberapa sertifikasi tertentu yang diselenggarakan oleh  PIP.

Terhadap apa yang disampaikan Renny, Ketua Pengurus Yayasan Tri Viaca, Dr. Bambang Dwiloka menambahkan, kerjasama ini tentu tidak terbatas pada peningkatan SDM  pada studi lanjut S2, namun juga mengenai pengembangan tridharma perguruan tinggi pariwisata maritim. “Pada prinsipnya kerjasama ini harus saling menguntungkan kepada kedua pihaknya.” tegasnya.

Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto mengapresiasi upaya kedua belah pihak. “Upaya yang dikembangkan kedua belah pihak ikut berkontribusi terhadap persoalan bangsa, khususnya mengenai SDM Kemaritiman di Indonesia.” katanya

Menurut Prof. DYP Sugiharto yang perlu dilakukan dalam kerjasama adalah pendokumentasian. Dalam pesannya, Guru Besar UNNES tersebut mewanti-wanti agar yang terkait dengan tata kelola ditangani dengan baik.

 

COMMUNITY

Materi Pelatihan