Thursday, March 28, 2024
   
TEXT_SIZE

20 Orang Calon Mahasiswa Asal Thailand Daftar di Unwahas

Sampangan-kopertis6.or.id -  Meskipun dalam segi usia masih  relatif muda, keberadaan Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas)  semakin diminati masyarakat, baik dari dalam maupun luar negeri.

Menurut rektor Unwahas, Dr. H. Noor Achmad saat melakukan jumpa pers di ruang rektorat pada sabtu, 11 Juli 2015 menyampaikan,  penerimaan calon mahasiswa baru di Unwahas tahun ini peminatnya luar biasa, bahkan khusus untuk fakultas tertentu seperti progdi Farmasi pendaftarnya jauh memenuhi kuota. “Pendaftar lebih dari seribu orang, sementara kemampuan kita hanya menerima sekitar seratus lima puluh orang.” paparnya.

Rektor menjelaskan, dari sekian pendaftar tersebut terdapat 20 orang calon mahasiswa berasal dari Thailand. Apabila mereka jadi bergabung dengan kami, maka di Unwahas terdapat kurang lebih seratus lima puluh orang mahasiswa asing. “Bisa jadi  jumlah mahasiswa asing terbanyak yang kuliah diperguruan tinggi di Semarang adalah tempat kami.” kata Noor.

Khusus untuk Fakultas Kedokteran yang tidak lama lagi akan dibuka, lanjutnya, calon peminatnya juga luar biasa. “Banyak tilpun masuk yang meminta informasi kapan progdi Kedokteran dibuka. Insya Allah jika Agustus tahun ini pengajuan usulan disetujui, pada tahun ini pula untuk pertama kalinya kami melakukan rekruitmen calon mahasiswa baru progdi kedokteran.” jelasnya.

Ia menambahkan, jika nanti progdi Kedokteran dibuka, untuk sementara maksimal kami hanya menerima mahasiswa tidak lebih dari  50 orang. “Pembatasan ini selain untuk mutu juga sebagai upaya pengedepanan ketaatazasan, khususnya terhadap regulasi yang terkait dengan nisbah dosen dan mahasiswa.”

Dikatakan oleh rektor, sebagai upaya peningkatan kualitas lembaganya, belum lama ini Unwahas  melakukan kunjungan kebeberapa negara eropa untuk sebuah kerjasama. “Beberapa negara yang kami kunjungi  adalah  Belanda, Belgia dan Perancis. “Kunjungan ini untuk jalinan kerjasama yang prioritasnya dibidang penelitian.” tandasnya.

COMMUNITY

Materi Pelatihan